Retail sekaligus Grosir Pakai ACCURATE atau Rene

Seorang teman saya yang berada di Papua menjalankan bisnis minimarket, bertanya pada saya : ” Usaha saya retail sekaligus Grosir, pembayaran sebagian cash, sebagian lagi hutang , produk apa yang saya pakai? “

Kemudian saya jelaskan bahwa RENE adalah program POS sehingga hanya memiliki modul penjualan dan laporan-laporan penjualan. RENE bisa membaca dan mencetak barcode produk ,  mencetak struk serta menjurnal penjualan langsung sebagai pendapatan. Sedangkan ACCURATE adalah program akunting lengkap dengan modul terintegrasi yang mencatat penjualan sebagai piutang. Untuk penjualan sudah bisa membaca barcode.

Untuk teman saya ini saya tidak mungkin menyarankan menggunakan RENE karena yang berhutang tidak bisa didata. Maka saya menyarankan untuk menggunakan ACCURATE.

Lalu bagaimana dengan transaksi retailnya, kalau semua penjualan  masuk ke piutang dulu dan bikin lagi pelunasan apakah tidak menjadi repot?

Triknya begini : setiap penjualan dibuatkan ke Customer CASH, di akhir hari setelah tutup toko,  lakukan penerimaan pembayaran untuk Customer CASH sehingga nanti muncul semua penjualan yang terjadi kemudian ceklist seluruh invoice tersebut dan akan muncul nilai total penerimaan pembayaran. Maka sekalian kita bisa cek fisik kas apakah sesuai dengan nilai penerimaan pembayaran yang kita buat itu.

Semoga bermanfaat

 

Leave a Reply

