Kekuatiran dalam hal baru

Memulai hal baru? Bagi kebanyakan orang menjadi hal yang menegangkan. Apalagi kalau kita sebut lebih spesifik yaitu menggunakan program baru. 

Kekuatiran itu hal yang alamiah. Cara mengatasi kekuatiran tersebut adalah tidak fokus pada kekuatiran namun membagi menjadi bagian-bagian kecil apa saja yang harus dilakukan untuk menggunakan program baru.

Contohnya :

Sebuah perusahaan alat kesehatan ingin menggunakan ACCURATE varian Deluxe karena ingin menggunakan modul Multi Departemen atau Profit Cost Center. Mereka ingin di tahun 2013 nanti sudah langsung running untuk transaksi . Hal apa saja yang harus dilakukan :

  • Buat Chart of Account Perusahaan Anda serta saldo awalnya
  • Buatlah List down Inventory Anda nilainya dan juga kategorinya 
  • Buatlah List down Departemen Anda
  • Buatlah Profile user di perusahaan Anda
  • Buatlah template untuk Surat Jalan dan Invoice perusahaan Anda
  • Metode Persediaannya : Average atau FIFO
  • Daftar Pelanggan dan Daftar Vendor
  • Daftar Aktiva Tetap

Kalau semua sudah tersedia, tinggal training user – user seperti Bagian Admin untuk SO – DO – Invoice – Input Customer , Bagian Purcashing untuk PR – Item – Input Vendor , Bagian Accounting untuk GL – Periode End – Jurnal Voucher dll

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: